Multiple intelligences bisa dikatakan sebagai kecerdasan ganda ataupun majemuk yang dimiliki oleh seseorang. Umumnya setiap anak memiliki 8 kecerdasan ini, hanya saja ada satu yang menonjol, dan itu bisa dijadikan sebagai patokan gaya belajar anak.

Untuk mengoptimalkan kecerdasan lewat Multiple intelligences, disarankan menggunakan media permainan edukasi anak yang mendidik yang sesuai dengan kecerdasan tertingginya. Berikut ini adalah beberapa permainan edukasi anak untuk mengoptimalkan kecerdasan si kecil.

Kecerdasan Linguistik

Untuk mengoptimalkan kecerdasan ini, maka salah satu permainan edukasi anak yang mendidik adalah kata berangkai. Permainan ini dilakukan dengan menyebut nama buah secara bergantian hingga anak terakhir. Selain itu membiarkan anak untuk bercerita juga salah satu cara yang tepat mengoptimalkan kecerdasan ini.

Kecerdasan Matematis

Untuk mengoptimalkan kecerdasan matematis, anda bisa mengajak anak bermain pola. Seperti namanya, anak yang matematis suka mengurutkan sesuatu sehingga jenis permainan yang bisa diterapkan yakni menyusun pola. Contohnya, Anda bisa menggunakan kancing baju berwarna-warni dan anak diminta menyebutkan setiap warna tersebut.

Kecerdasan kinestetis

Cerdas gerak atau cerdas kinestetis bisa dimaksimalkan dengan mengajak anak melakukan kegiatan yang membutuhkan gerakan. Permainan edukasi anak yang mendidik bisa beragam, contohnya dengan meminta anak mencari batu berwarna untuk dimasukkan dalam kotak yang sesuai warnanya.

Kecerdasan Musik

Hal yang paling disukai oleh anak adalah bernyanyi. Untuk mengembangkan kecerdasan musik, anda bisa mengajak anak bermain permainan edukasi anak yang mendidik seperti tebak lagu. Permainan ini dilakukan dengan meminta anak menebak judul lagu yang biasa dinyanyikan setiap hari.

Kecerdasan visual-spasial

Dalam merangsang tumbuhnya kecerdasan visual-spasial, maka permainan edukasi anak yang mendidik yang bisa dilakukan adalah menjiplak gambar. Anda bisa meminta anak menelusuri titik pola yang membentuk gambar dan mintalah anak untuk memberi warna.

Kecerdasan interpersonal

Untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal, maka pilihlah permainan yang memanfaatkan kerja kelompok. Salah satu jenis permainan yang dikenal yakni kuda berbisik. Jenis permainan ini dilakukan dengan berbaris ke belakang dan guru membisikkan kata-kata yang dilanjutkan hingga anak terakhir. Sedangkan anak terakhir akan melaporkan kata apa yang telah didengarnya.

Kecerdasan Intrapersonal

Lain halnya dengan kecerdasan interpersonal, untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal, anda bisa mengajak anak untuk bermain sidik jari. Permainan ini dilakukan dengan mandiri yakni anak membasahi jempol dengan tinta dan menempelkannya pada kertas. Jangan lupa meminta anak untuk menuliskan namanya di bawahnya.

Memiliki anak dengan kemampuan yang luar biasa merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan anak semacam itu, maka anda harus mendidik anak sejak dini dengan berbagai permainan edukasi anak yang mendidik. Dengan menggunakan permainan edukasi anak, maka anak bisa dimungkinkan tumbuh dengan delapan kepandaian di atas.